Kamis, 17 Oktober 2024 | Jam Digital
Home Ekonomi Politik Nasional Regional Hukum Lifestyle Internasional Sport Hiburan Travel Indeks
Follow Us ON :
 
Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan, 9 Desa di Riau dapat Rp 900 Juta
Jumat, 27-07-2018 - 11:41:38 WIB

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU, SINARNEWS.CO.ID - Sebanyak sembilan desa di Riau mendapat dana masing-masing Rp 100 juta untuk pembangunan. Dana itu diberikan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), lantaran masyarakat desa tersebut berhasil mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

"Empat tahun implementasi Program Desa Bebas Api yang diinisiasi PT RAPP bagian dari APRIL Group, telah efektif menekan angka kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Tahun ini ada sembilan desa yang mendapat reward masing-masing Rp 100 juta," ujar Direktur PT RAPP Rudi Fajar di Pekanbaru, saat memberikan hadiah kepada masing-masing kepala desa, Kamis (26/7).

Rudi menjelaskan, sejak pertama kali dicetuskan tahun 2014, terdapat 27 desa dari tiga kabupaten di Riau yang terlibat dalam program desa bebas api itu. Reward itu diberikan secara simbolis oleh Kapolda Riau Irjen Nandang, Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin, serta pejabat daerah setempat termasuk pimpinan PT RAPP.

Menurut Rudi, tahun 2014 area yang terbakar mencapai 0,18 persen dari total area yang dicakup. Sedangkan tahun 2015 hingga 2017, turun masing-masing menjadi 0,01 persen, 0,07 persen dan 0,03 persen. Keberhasilan ini juga berkat kolaborasi dengan sejumlah pemangku kepentingan dan masyarakat setempat untuk meningkatkan kesadaran zero-fire.

"Program ini memiliki lima elemen, yaitu penghargaan kepada desa yang tidak terjadi kebakaran selama tiga bulan, keterlibatan crew leader (warga asli desa yang menjadi koordinator FFVP di desa) untuk mendukung pencegahan kebakaran, memberikan bantuan pembukaan lahan melalui peralatan pertanian, meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya pembukaan lahan dengan cara membakar, dan pemantauan kualitas udara melalui perangkat PM10 di tujuh desa," jelas Rudi.

Rudi juga mengucapkan terima kasih kepada TNI, Polri, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Manggala Agni, Pemerintah Provinsi, kabupaten, kecamatan, desa, karyawan RAPP, crew leader serta seluruh masyarakat yang aktif dalam mencegah dan mengatasi kebakaran hutan dan lahan.

"Selamat kepada desa yang berhasil mendapatkan reward dalam bentuk infrastruktur senilai Rp 100 juta, dan 1 desa senilai Rp 50 juta. Ia berharap bentuk apresiasi ini bermanfaat untuk masyarakat desa," katanya.

Rudi berharap kepada masyarakat agar tidak cepat puas dengan apa yang telah dicapai. Dia meminta warga bersama-sama untuk terus meningkatkan kerja sama dan kerja keras agar angka 0 kebakaran bisa dipertahankan.

"Apalagi kurang dari sebulan, kita akan merayakan event Asian Games 2018. Sebagai perusahaan, kami turut berkontribusi sebagai salah satu pendukung. Namun yang lebih penting bukanlah kontribusi sponsorship semata, melainkan kontribusi real yang kita berikan, menunjukkan tanggung jawab bersama dengan kesiapan untuk memastikan tidak ada asap dan kebakaran di Riau," ucap Rudi.

Sementara itu, Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim mengapresiasi upaya RAPP dalam menekan angka kebakaran hutan di wilayahnya. Dia menyebutkan, program tersebut bukti komitmen RAPP bahwa karhutla dapat secara efektif dicegah, apabila seluruh elemen terlibat dalam pelaksanaannya.

"RAPP berupaya menanamkan kesadaran akan bahaya dan dampak api kepada masyarakat setempat, yang merupakan bentuk dari investasi jangka panjang untuk menciptakan lingkungan yang terbebas dari karhutla," katanya.

"Kami memiliki semangat agar Riau yang kita cintai ini bebas dari asap. Sebagai bentuk kontribusi dan partisipasi Riau untuk mensukseskan Asian Games 2018, kita harus pastikan tidak ada asap dan kebakaran di Riau," tambah Wan Thamrin.

Kapolda Riau Irjen Nandang juga memberikan apresiasi untuk Program Desa Bebas Api ini. Sebab, program tersebut berjalan dan berhasil menurunkan luasan area kebakaran dengan signifikan.

"RAPP sudah mulai inisiatif menjaga Riau bebas asap sejak tahun 2014, dan kita semua perlu dukung. Sebentar lagi Asian Games 2018 akan berlangsung, di mana pemerintah dan pihak-pihak terkait berupaya agar acara ini dapat berjalan dengan baik dan tidak terkendala dengan asap dari kebakaran hutan dan lahan," ujar Nandang.(halloriau)



 
Berita Lainnya :
  • Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan, 9 Desa di Riau dapat Rp 900 Juta
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Blusukan ke Pasar Ujung Batu, Abdul Wahid Janji Stabilkan Harga Pasar
    02 Kapolres dan Ketua KPU Kampar Tinjau Proses Pencetakan Surat Suara Pemilihan Bupati Kampar 2024
    03 Perluasan Pemeriksaan, Malaria di Kuala Selat Bertambah Jadi 128 Kasus
    04 Evaluasi Pejabat Eselon II Pemko Pekanbaru, Kadisperindag Jadi Sekwan?
    05 SKD CPNS Pemko Tahun 2024 untuk Wilayah Pekanbaru Berlangsung Mulai 2 November
    06 Program Makanan Siang Gratis untuk Pelajar di Pekanbaru Berjalan Lancar
    07 Bentrok Antar Pedagang Cut Nyak Dien Pekanbaru, Pj Wako: Penataan di Luar Pemko, Ilegal!
    08 Pj Wali Kota Pekanbaru Diskusi Seputar Permasalahan di Kecamatan Marpoyan Damai
    09 Bantuan Beras CPP Tahap Tiga di Pekanbaru Mulai Disalurkan
    10 Unri Wisuda 2.415 Mahasiswa, Ini Pesan Rektor Sri Indarti
    11 Pemko Pekanbaru Siapkan Teknis Pengelolaan Pedagang Kuliner Malam Jalan Cut Nyak Dien
    12 SF Hariyanto Siap Wujudkan Aspirasi Warga Pematang Manggis Inhu Soal Jalan dan Jaringan Listrik
    13 BPBD Rohul Evakuasi dan Salurkan Bantuan Korban Banjir Lima Desa di Tambusai
    14 Debit Waduk PLTA Koto Panjang Mulai Naik Setelah Sempat Menyusut Drastis
    15 Pemko Pekanbaru Gesa Perbaikan Jalan Bangau Sakti
    16 Operasi Zebra 2024 Mulai Digelar Senin 14 Oktober 2024, Ini 14 Target Pelanggaran yang Dibidik
    17 Tinggal Satu Persyaratan Jembatan Bengkalis-Bukit Batu Jadi Proyek Strategis Nasional
    18 Ada 500 Sumur Minyak Baru di Blok Rokan, PAD Riau Berpotensi Semakin Meningkat
    19 Sekdako Pekanbaru Tinjau Hari Pertama Pembukaan Kuliner Jalan Cut Nyak Dien Usai Ditata Ulang
    20 Tugas Berat Menanti Pj Sekda Riau Baru, Fokus pada Pilkada dan Pembangunan
    21 Kumuh dan Becek, DPRD Pekanbaru Minta Pemko Benahi Infrastruktur Pasar Cik Puan
    22 Pengendalian Harga Pangan Berhasil, BI Sebut Inflasi di Riau Terjaga
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © sinarnews.co.id